Sabtu, 07 Mei 2016

MEWARNAI GAMBAR DI INDOMARET UNTUK MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA SEJAK DINI



 
Pemenang lomba mewarnai gambar di Indomaret

PAUD  Jendela Ilmu  diundang khusus oleh Indomaret Ngabul untuk mengikuti Kegiatan lomba mewarnai gambar yang hanya diikuti oleh siswa siswi PAUD Jendela Ilmu sebanyak 60 anak. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman Indomaret pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016.
Tujuan diselenggarakan kegiatan ini salah satunya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi anak sejak usia dini. Berwirausaha bukan hanya dunianya orang dewasa, tetapi juga bisa menjadi bagian dari dunianya anak-anak. Bedanya, berwirausaha pada anak-anak tidak bisa dijalankan sendirian, namun membutuhkan bimbingan dan dukungan dari orang  dewasa, orangtua maupun guru. Anak-anak yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapatkan manfaat yang besar untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia dini, anak-anak yang belajar menumbuhkan pembelajaran wirausaha akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.
Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai kegiatan kewirausahaan menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak ketika dewasa nanti. Jiwa wirausaha (entrepreneurship) harus ditanamkan oleh para orang tua dan sekolah ketika anak-anak mereka dalam usia dini. Mengingat bahwa kewirausahaan ternyata lebih kepada menggerakkan perubahan mental. Jadi tak perlu dipertentangkan apakah kemampuan wirausaha itu berkat adanya bakat atau hasil dari proses pendidikan.
Pembelajaran kewirausahaan pada diri anak tidak serta merta ada, akan tetapi memerlukan latihan secara bertahap. Bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak. Misalnya, membereskan  mainan selesai bermain, rajin sikat gigi sebelum tidur dan membereskan tempat tidur. Ini merupakan latihan berdisiplin, bertanggung jawab dan awal pengajaran tentang kepemilikan.  Latihan selanjutnya, mengajarkan anak untuk mampu mengelola uang dengan baik. Latihan yang perlu diajarkan bukan hanya cara membelanjakan, tapi juga menabung, sedekah dan mencari uang.
Sekolah sebagai wadah bagi anak mendapatkan ilmu dan menerapkan ilmunya untuk mengembangkan pembelajaran kewirausahaan  anak, sedangkan orang tua sebagai motivator bagi anak dalam mewujudkan segala hal tersebut. Sekolah dan orang tua merupakan kunci sukses dari program kewirausahaan pada anak usia dini.
Semoga menjadi generasi yang bermanfaat dan berdaya saing yang memiliki jiwa wirausaha.

0 komentar:

Posting Komentar

 

PAUD JENDELA ILMU Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates